16 Jun 2015

Memperbaiki Speaker Aktif part 2

postingan ini sama dengan postingan sebelumnya yaitu memperbaiki Speker Aktif beserta Flowchartnya namun disini menggunakan flowchart lurus, sedangkan sebelumnya menggunakan flowchart bercabang. check it out!
Langsung to the Point aja, Saya buka tutup bagian belakangnya setelah selesai saya buka lalu saya periksa dengan seksama kabel-kabel yang menghubungkan antara rangkaian speaker aktif tersebut, mulai dari kabel listrik, kabel tegangan dari travo ke pcb rangkaian, sampai kabel ke speaker dan juga kabel input audio.
Dari hasil pengecekan saya semuanya nampak normal dan juga masih dalam ke adaan bagus, lalu saya lepas baut potensio volume, treble, bass, subwofer kemudian pcb rangkaian speaker aktif tersebut saya keluarkan dari box speaker untuk pengeceken lebih lanjut / lebih detail. Begitu semua sudah selesai saya lepas kabel-kabel nya pun juga saya lepas agar bisa lebih mudah dalam pengecekan selanjutnya.

Kemudian saya cek pada bagian power supply ( travo, elco, dioda ) keadaanya masih normal, langkah selanjutnya saya putus hubungan tegangan / vcc ( - 0 + ) dan megecek tegangan vcc tersebut dengan cara stik Avo Meter yang merah saya tempelkan pada kaki elco bagian ( + ) dan yang hitam pada bagian ground ( 0 ) dengan  Avo Meter pada skala 50 vdc lalu kabel listrik saya colokan pada stop kontak listrik tegangan tersebut keluar 25v itu berarti keadaanya masih normal / baik-baik saja setelah itu stik Avo Meter yang merah saya pindah ke ground ( 0 ) dan yang hitam ke kaki elco bagian ( - ) keluar tegangan 25v. Kesimpulan untuk tegangan vcc power supply keadaanya masih bagus.

Lalu saya fokuskan pegecekan pada  pcb rangkian speaker aktif saya cek mulai dari resistor satu persatu keadaanya pun masih bagus untuk elco di rangkaian juga bagus kemudian saya cek lagi utuk transistor-transistornya disni saya dapati satu trasistor mengalami kejanggalan / kerusakan yaitu transistor mosfet seri 2955 tanpa pikir panjang lagi langsung saya ganti transistor tersebut vcc serta  kabel-kabel saya pasang / hubungkan lagi terus saya coba nyalakan speaker aktif tersebut begitu kabel listrik saya colokan kembali ke listrik speaker aktif tersebut belum bunyi juga alias masih mti total / matot.
Pantang menyerah dan terus berusaha saya cek lagi kali ini saya cek resistor kapur ( R kapur ) yang ada di pcb rangkaian ternyata dari hasil pengecekan saya resistor / R kapur tersebut putus ( rusak ) mengetahui hal tersebut saya langsung ganti R kapur yang baru kemudian setelah selesai ganti, saya coba lagi colokan kabel listriknya dan saya pegang bagian input audionya, speaker aktif pun berbunyi. Lalu input speaker aktif tersebut saya hubungkan ke vcd / dvd al hasil speaker tersebut berbunyi normal kembali.

Kesimpulan kerusakan speaker aktif di atas terletak pada bagian transistor mosfet 2955 dan juga pada resistor kapur ( R kapur ). Nah begitulah pengalaman saya kali ini tentang memperbaiki kerusakan speaker aktif mati total / matot semoga bermanfaat.

No comments: