31 Jan 2013

SOSIAL MEDIA & SOSIAL NETWORK



                                                                 SOSIAL MEDIA
                                                      
Pengertian Media Sosial (Sosial media)
adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".



Ciri-ciri media sosial

Media sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

 Macam-macam media sosial

Beberapa macam media sosial sebagai berikut:

 Facebook merupakan jejaring sosial yang banyak digemari setiap orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun menggunakan jejaring sosial ini, dengan adanya facebook setiap orang dapat memiliki account sendiri dan dapat memvariasikan account tersebut sesuka hati, contohnya saja dengan menggunakan foto, dalam facebook ini juga terdapat fitur seperti chat, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan teman, saudara ataupun teman lama.  

Myspace merupakan jejaring sosial yang lahir duluan dibandingkan dengan facebook, namun facebook lebih digemari karena orang lebih menyukai tampilan yang ada pada facebook.  

Plurk merupakan jejaring sosial yang dapat mengirimkan pesan pendek atau singkat bagi penggunanya maksimum140 karakter melalui halaman webnya.  

Twiter merupakan jejaring sosial yang hampir sama dengan jejaring sosial plurk twitter ini dapat mengirimkan pesan pendek yang akan tampil pada halaman profil pengguna, pengirim pesan tersebut juga dapat membatasi pesan tersebut hanya kepada teman-temannya saja. 

Selain jejaring sosial di atas masih banyak lagi contohnya yang lain seperti :  

Yahoo messenger merupakan fitur tambahan dari yahoo, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan id yahoo, yahoo messenger ini bisa disebut juga dengan chating, kita dapat berkomunikasi antara dua orang ataupun lebih dengan menggunakan yahoo messenger ini.

Friendster merupakan jejaring sosial yang lahir pertama kemudian di susul dengan Myspace, facebook dan yang lainnya, dengan Friendster ini juga kita dapat berkomunikasi dengan teman, saudara ataupun teman lama.
  Dalam sosial  media ini internet sangat berpengaruh karena internet merupakan salah satu jaringan tiada batas yang dapat menghubungkan komputer dalam satu wilayah dengan komputer di wilayah lain ataupun seluruh computer yang ada di dunia.
dimana dalam jaringan internet ini terdapat fasilitas untuk browsing ataupun menggunakan jejaring sosial yang telah disebutkan di atas.Jaringan internet ini juga terdiri dari jaringan pemerintah, jaringan akademis, jaringan bisnis dan jaringan lainnya.Internet ini merupakan jembatan inti terjadinya sosial media, karena dengan adanya internet inilah sosial media dapat terjadi ataupun dapat berjalan.


                                                     SOSIAL NETWORK 

Pengertian Jejaring sosial (sosial network)
adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. istilah ini diperkenalkan oleh prof J.A. Barnes di tahun 1954.
jejaring sosial adalah suatu stuktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.


jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas internet yang saling terhubung dengan cepat. ini berbeda dengan jejaring sosial lima tahun yang lalu, yang mungkin lebih dikenal sebagai forum tersebut saja. atau yang lebih jauh, bentuk mailling list sebagai cikal bakal komunitas internet yang sudah lama digunakan. disebut jejaring karna kemampuannya terhubung dengan cepat antara domain komunitas dengan komunitas lainnya. misalnya, kalau kita gunakan tools status di pulrk.com, maka status kita dapat didistribusikan ke Facebook, Tumbltumblr, Twitter, Multiply. bahkan ada yang seolah-olah menjadi konsolidator semua domain komunitas sehingga fungsinya lebih praktis.

adapun sebagian kecil dari banyak manfaat social network yang kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari social network yaitu :
  • kita bisa berhubungan sama orang lain dengan cepat, aman, dan murah. Beberapa social network menawarkan fasilitas yang sangat memuaskan seperti kita bisa chatting dengan orang lain di manapun dan kapanpun dengan hanya memiliki account social network tersebut. Jadi pada saat ini berhubungan dengan orang lain dari manapun di seluruh belahan dunia terasa sangat mudah dengan bantuan social network.
  •  Social network juga bisa menjadi sarana jual beli online. Sekarang ini dengan bantuan internet semua terasa mudah, kegiatan jual beli pun tidak perlu mempertemukan penjual dan pembelinya. cukup pasang iklan di social network makan barang akan dilihat pembli sehingga barang yang kita jual pun akan laku. Dengan kata lain internet atau lebih tepatnya social network juga ikut serta dalam kegiatan jual beli di seluruh dunia.
  • Social Network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan. Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatan positif maka penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya. di segi pendidikan social network juga dapat mempercepat atau membantu proses belajar.

 PERBEDAAN ANTARA SOSIAL MEDIA & SOSIAL NETWORK

Adapun perbedaan sebagai berikut:

Social media dan Sosial Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan informasi nya itu yang berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu media massa konvensional dan media massa modern. Sosial Media ini termasuk dalam media massa modern. Lain halnya jika media massa konvensional. Seperti yang telah ketahui, media massa konvensional berupa majalah, koran,  dan hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara media massa konvensional dengan media sosial ini adalah

1.Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru dibanding media sosial.
2. Media massa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak.
3. Media massa konvensional lebih lama dalam memberi feedback atau respon di banding media sosial.


sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=18&ved=0CGkQFjAHOAo&url=
http://blog.binadarma.ac.id/dedi1968/wp-content/uploads/2011/12/Penggunaan-Jejaring-Sosial-Dalam-Mendukung-pelayanan-publik.doc&ei=-NLzUKe_CsSkkQW9j4GwAQ&usg=AFQjCNEBiYeppAelq4Pu-drAmNo1fRk9RQ&
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/rcm/12-response-paper-ptk-2012/1079-internet-www-social-networking-sites-dan-media-sosial-presentasi-diskus

No comments: