14 Mar 2013

(Ilmu Budaya Dasar) Manusia


Manusia tercipta di dunia ini dengan berbagai peranan-peranan unik dan dapat dipandang melalui beberapa bidang ilmu dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam Ilmu Fisika manusia dapat dipandang sebagai kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi. sedangkan dalam ilmu Biologi manusia adalah mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia. Dan masih banyak pandangan dari ilmu-ilmu yang lainnya.

Dari definisi-definisi di atas terlihat bahwa manusia juga mempunyai banyak kepentingan. Tetapi dengan hanya berdasar pada uraian diatas tentunya kita kesulitan ketika mendapatkan pertanyaan berikut “siapakah manusia itu sebenarnya?”. oleh karena itu kita akan mencoba menerangkan manusia dari unsur-unsur yang membangunnya.

Ada dua pandangan yang dapat dijadikan acuan dalam hal tersebut.
       1) Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :
a.    Jasad, yaitu : badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba dan difoto, dan menempati ruang dan waktu (hal 62).
b.      Hayat, yaitu : mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan unsur gerak (hal 66).
c.    Ruh, yaitu : bimbingan dan pimpinanTuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan(hal 77).
d.  Nafas, dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri (hal 79). (Asy’arie, 1992 hal : 62-84).
  
               2) Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
a.       Id, merupakan struktur kepribadian yang paling primitif yang tidak nampak.
Id diatur oleh prinsip kesenangan, mencari kepuasan instingtual libidinal yang harus dipenuhi baik secara langsung melalui pengalaman seksual, atau tidak langsung melalui mimpi atau khayalan.
b.  Ego, merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id. perkembangan ego terjadi antara usia 1&2 tahun. Ego diatur oleh prinsip realitas, Ego sadar akan dunia luar, dan mengatur tingkah laku sehingga dorongan instingtual Id dapat dipuaskan dengan cara yang dapat diterima.
c.    Superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir. Muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan Ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, Superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Biasanya merupakan pandangan asimilasi orang tua.

No comments: