27 Mar 2013

Manusia dan Cinta kasih

   A. Pengertian cinta kasih

    Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W.J.S Poerdawarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rata cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada sesorang yang disertai menaruh belas kasihan.

    Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya ; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.

    Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab.


   B. Tiga unsur tentang Cinta
       
Ketertarikan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuknya, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengannya. Apabila berjanji padanya harus ditepati, ketika memiliki uang oleh-oleh dibeli untuknya.

Keintiman yaitu adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara, digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya makan minum dari satu piring, cangkir tanpa rasa risih, pinjam meminjam baju, saling memakai uang tanpa rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan sebagainya.

Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen ketika jauh, atau lama tak bertemu, adanya ucapan atau ungkapan rasa sayang dan seterusnya.
 
   C.Tingkatan-tingkatan Cinta berdasarkan firman Allah SWT

    1. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah SWT, Rasulullah SAW, dan berjihad dijalan Allah.
    2. Cinta tingkat menengah adalah Cinta kepada Orang tua, Anak, istri/suami, saudara dan kerabat.
    3. Cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan keluarga, kerabat, harta, dan tinggal.

No comments: