2 Dec 2013

Edukasi penanganan Sampah serta cara Pengelolaannya

Sampah adalah benda yang tidak lagi diperlukan dalam kehidupan seharai-hari. sampah bersumber dari manapun. Pabrik, Sekolah, Pasar, Taman, Rumah tangga dll.
Sampah tediri dari dua jenis, yaitu Sampah Organik dan Anorganik.
 
Sampah Organik 
Sampah organik tergolong sampah yang mudah membusuk. contoh dari jenis sampah ini adalah: 
sisa makanan, Sayur-sayuran, Buah-buahan dll. Sebenarnya sampah jenis ini masih bisa dimanfaatkan lagi. Asalkan kita tahu kegunaan dan juga cara mengolahnya. Jenis sampah organik bisa kita manfaatkan lagi menjadi pupuk kompos. Karena sampah organik berasal dari makluk hidup seperti hewan dan juga tumbuhan, bahkan tidak menutup kemungkinan dari manusia itu sendiri.
 
Sampah Anorganik 
Sampah anorganik termasuk jenis sampah yang memerlukan waktu yang cukup lama dalam penguraiannya. Sampah anorganik kebanyakan berasal dari sumber daya alam, seperti plastik, kertas, aluminium dll. Sampah anorganik yang telihat nyata dalam rumah tangga adalah berupa botol plastik, kain, kaleng dan lain sebagainya. Dan banyak sekali dampak negatif bagi alam yang disebabkan oleh sampah anorganik ini, diantaranya menurunkan kualitas lingkungan dan juga menurunkan estetika lingkungan. Sampah yang berserakan dan bau akan menjadikan lingkungan tidak nyaman untuk ditempati.

Sampah anorganik sebaiknya kita daur ulang kembali. Jangan membuangnya secara sembarangan, karena jenis sampah ini tidak mudah untuk hancur. Disini kita memerlukan kreatifitas tinggi untuk mengubah sampah tersebut menjadi suatu barang yang mempunyai nilai beda atau bisa menjualnya ke penadah barang bekas.
 
agar lebih jelas cara yang efesien untuk menangani sampah serta cara pengelolaanya, mari kita simak Video singkat berikut ini:
 
setelah menonton Video diatas dapat disimpulkan bahwasanya sosok sampah yang sudah tidak lagi dibutuhkan, bau, juga menggangu kenyamanan begitu bermanfaat ketika kita mau bergerak untuk memanfaatkannya. mulai saat ini cobalah berpikir untuk memanfaatkan sesuatu yang dinilai sudah tidak bermanfaat lagi. karna dengan adanya kesadaran dan pemikiran tentang ini maka kehidupan manusia lebih terjamin akan kestabilan hidup.
Sekarang tentunya Anda sudah bisa menyingkapi secara bijaksana tindakan apa yang akan anda lakukan, baik pada sampah organik dan anorganik yang berada di rumah Anda atau disekitar Anda. Jangan pernah membuang sampah di sembarang tempat. seperti di sungai atau selokan. Karena itu akan merusak alam dan merusak ekosistem.

http://wahyudin27.blogspot.com/2013/04/cara-mengolah-sampah-organik-dan.html
http://www.youtube.com/watch?v=e83_u6l9_Cg

No comments: