22 Oct 2015

Pengalaman Mutasi SIM Di Jakarta

Gw bikin SIM di Madura tepatnya di Bangkalan, April 2010 . karna waktu itu gw menetap disana sampe lulus STM. selama gw megang sim udah 3 kali ilang dompet, 1 kali ditilang polisi dan gak gw tebus tapi nyetak ulang ke SAMSAT Bangkalan dengan alasan hilang lagi. abis males banget segala suruh ikut sidang belom lagi jadwal sidang yang ditetapkan pas lagi ada acara penting sama keluarga. jadi yang harusnya SIM gw expired tahun 2015 jadi 2017 soalnya terahir nyetak ulang tahun 2012, kan tiap 5 tahun diperpanjang.

Akhir tahun 2012 gw berdomisili di Jakarta dan bikin KTP disana. soalnya gw ngelanjutin study ke sebuah Universitas di Depok jawa barat. kebetulan dari kecil (SD) Ortu tinggal di jakarta tepatnya daerah Cilandak-Jaksel.

September 2015 gw pulang kampung dan dompet gw ilang lagi, suek emang!! mau gak mau gw langsung ke SAMSAT Bangkalan lagi buat ngurusnya. sampe disana gw dianjurin ama petugas loketnya buat Mutasi SIM gw jadi SIM Jakarta. dan gw setuju banget biar gak jauh-jauh kalo mau perpanjang.

sebelumnya gw diminta fotocopy KK, sama Surat kehilangan. kurang lebih 30 menit gw nunggu akhirnya gw dipanggil dan dikasih Amplop coklat seukuran tempat pensil yang di dalamnya ada surat pengantar lengkap mutasi dari SAMSAT Bangkalan. gw kena biaya Mutasi Rp50.000 doi bilang amplop ini jangan dibuka-buka takut berkasnya ada yang hilang. "Siap Pak!" gw bilang.

Awal Oktober 2015 gw balik ke Jakarta, nyampe Jakarta SIM baru gw urus 2 minggu kemudian. karna males nyetir dan gak begitu paham jalan juga, akhirnya gw putuskan ke Samsat naek Gojek. gw minta anterin ke Satpas Sim Polda Metro Jaya jl. Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat.
  1. nyampe sana gw nanya ke pusat informasi tentang mutasi SIM, gw diarahkan buat tes kesehatan dulu dengan biaya Rp25.000.
  2. terus disuruh ke Bank BRI buat bayar biaya Mutasi/Perpanjang (SIM C) Rp 75.000.
  3. abis itu ke loket asuransi bayar Rp30.000 dapet kartu asuransi.
  4. lanjut ke loket formulir (gratis), setelah diisi formulirnya gw diarahkan ke loket 18. nah di loket 18 ini gw diminta berkas yang dikasih Samsat Bangkalan.
  5. setelah divalidasi gw diarahkan ke loket 26 tempat ngoreksi profil data sama sesi foto.
  6. abis dikoreksi + foto gw diarahin ke loket 32 buat ngambil SIM yang udah dicetak.
akhirnya rampung kurun waktu 2 jam hufftt

yang perlu dilakukan sebelum ngurus:
  • Datang pagi bair gak ngantri, soalnya jam 8 loket udah dibuka.
  • siapin pulpen item
  • foto copy KK, KTP, SIM masing-masing 5 lembar
  • jangan foto copy disana jauh, ngantri dan mahal. siapin di rumah
  • jangan lupa bawa Berkas Mutasi SIM dari Samsat asal.
sekian info dari gw semoga postingan ini bermanfaat bagi yang bingung mau mutasi. mohon maaf atas bahasa yang kurang formal, ya beginilah adanya gw mah hehe..


No comments: