18 Nov 2015

ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER

Arsitektur Komputer: mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Organisasi Komputer: mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
B. Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
·  Arsitektur Komputer
      Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).

Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
·  Organisasi Komputer
       Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.

Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
C. Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi. Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama, famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama memberikan compatibilitas instruksi level mesin. Organisasi antar versi memiliki perbedaan.
D. Struktur dan Fungsi
·  Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
·  Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

Semua Komputer Memiliki 4 Fungsi:
Fungsi Operasi Pengolahan data (Data processing)

Fungsi Operasi Penyimpanan data (Data storage)

Fungsi Operasi Pemindahan data (Data movement)

Fungsi Operasi Kendali (Control)
Struktur dan Unit Fungsional Dasar Komputer









Definisi Unit Fungsional

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.


Sumber:
http://indrarmcf.blogspot.co.id/2014/01/penjelasan-organisasi-arsitektur.html
http://asep.ilearning.me/pengertian-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer-2/#

2 Nov 2015

TIPS AMPUH BERMAIN DUEL OTAK






















pada gambar diatas menggunakan sistem bertahan, agar lawan merasa pede dan menganggap remeh sehingga seringkali salah menjawab di akhir.

Seringkali kita menyesal ketika salah meng-klik jawaban yang benar padahal pada kenyataannya kita pernah melewati soal-soal tersebut. sebenarnya dalam game ini kita dituntut untuk sering bermain karna dengan sering bermain otomatis kita bisa menjawabnya dengan mudah atau bisa dibilang hafal.

berikut adalah tips saya pribadi yang saya gunakan selama bermain:

Tips 1
lakukanlah evaluasi sesering mungkin sebelum melakukan pertandingan baru dengan cara mengklik blok merah (jawaban salah) seperti diatas. selain kita bisa mengetahui jawaban setiap soalnya kita juga diuntungkan dengan bidang soal yang berbeda setiap rondenya.

Tips 2
tidak usah menghafal setiap soalnya, dengan hanya mengingat beberapa kata saja dalam setiap soalnya saya yakin anda ingat mana jawaban yang benar.

Tips 3
Dalam Game ini anda harus ada beberapa bidang yang dikuasai agar bisa digunakan pada sistem yang diinginkan. ketika menggunakan sistem menyerang, pilihlah bidang yang dikuasai terlebih dahulu untuk mengumpulkan poin. atau sebaliknya ketika menggunakan sistem bertahan. maka dari itu sering-seringlah evaluasi di bidang yang disukai lebih-lebih ketika dihadapkan soal yang belum pernah ditemui.

Tips 4
jangan terlalu pede dan jangan pernah menganggap remeh lawan, karna kita tidak tahu seberapa kemampuan lawan. harus tetap berhati-hati dalam menjawab setiap soalnya.

Tips 5
jangan ngasal jangan terlalu mengandalkan HOKI, itu namanya anda tidak memberi kesempatan otak imut anda untuk berpikir. kasihan bro!! haha

    22 Oct 2015

    Pengalaman Mutasi SIM Di Jakarta

    Gw bikin SIM di Madura tepatnya di Bangkalan, April 2010 . karna waktu itu gw menetap disana sampe lulus STM. selama gw megang sim udah 3 kali ilang dompet, 1 kali ditilang polisi dan gak gw tebus tapi nyetak ulang ke SAMSAT Bangkalan dengan alasan hilang lagi. abis males banget segala suruh ikut sidang belom lagi jadwal sidang yang ditetapkan pas lagi ada acara penting sama keluarga. jadi yang harusnya SIM gw expired tahun 2015 jadi 2017 soalnya terahir nyetak ulang tahun 2012, kan tiap 5 tahun diperpanjang.

    Akhir tahun 2012 gw berdomisili di Jakarta dan bikin KTP disana. soalnya gw ngelanjutin study ke sebuah Universitas di Depok jawa barat. kebetulan dari kecil (SD) Ortu tinggal di jakarta tepatnya daerah Cilandak-Jaksel.

    September 2015 gw pulang kampung dan dompet gw ilang lagi, suek emang!! mau gak mau gw langsung ke SAMSAT Bangkalan lagi buat ngurusnya. sampe disana gw dianjurin ama petugas loketnya buat Mutasi SIM gw jadi SIM Jakarta. dan gw setuju banget biar gak jauh-jauh kalo mau perpanjang.

    sebelumnya gw diminta fotocopy KK, sama Surat kehilangan. kurang lebih 30 menit gw nunggu akhirnya gw dipanggil dan dikasih Amplop coklat seukuran tempat pensil yang di dalamnya ada surat pengantar lengkap mutasi dari SAMSAT Bangkalan. gw kena biaya Mutasi Rp50.000 doi bilang amplop ini jangan dibuka-buka takut berkasnya ada yang hilang. "Siap Pak!" gw bilang.

    Awal Oktober 2015 gw balik ke Jakarta, nyampe Jakarta SIM baru gw urus 2 minggu kemudian. karna males nyetir dan gak begitu paham jalan juga, akhirnya gw putuskan ke Samsat naek Gojek. gw minta anterin ke Satpas Sim Polda Metro Jaya jl. Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat.
    1. nyampe sana gw nanya ke pusat informasi tentang mutasi SIM, gw diarahkan buat tes kesehatan dulu dengan biaya Rp25.000.
    2. terus disuruh ke Bank BRI buat bayar biaya Mutasi/Perpanjang (SIM C) Rp 75.000.
    3. abis itu ke loket asuransi bayar Rp30.000 dapet kartu asuransi.
    4. lanjut ke loket formulir (gratis), setelah diisi formulirnya gw diarahkan ke loket 18. nah di loket 18 ini gw diminta berkas yang dikasih Samsat Bangkalan.
    5. setelah divalidasi gw diarahkan ke loket 26 tempat ngoreksi profil data sama sesi foto.
    6. abis dikoreksi + foto gw diarahin ke loket 32 buat ngambil SIM yang udah dicetak.
    akhirnya rampung kurun waktu 2 jam hufftt

    yang perlu dilakukan sebelum ngurus:
    • Datang pagi bair gak ngantri, soalnya jam 8 loket udah dibuka.
    • siapin pulpen item
    • foto copy KK, KTP, SIM masing-masing 5 lembar
    • jangan foto copy disana jauh, ngantri dan mahal. siapin di rumah
    • jangan lupa bawa Berkas Mutasi SIM dari Samsat asal.
    sekian info dari gw semoga postingan ini bermanfaat bagi yang bingung mau mutasi. mohon maaf atas bahasa yang kurang formal, ya beginilah adanya gw mah hehe..


    13 Oct 2015

    Etika Penulisan dalam Dunia Maya / Internet


    Etika adalah sebuah perbuatan atau sikap yang secara sadar dilakukan oleh seseorang pada lingkungan sekitarnya baik di kalangan masyarakat ataupun dunia Maya. apabila etika kita pada lingkungan sekitar baik maka tentu orang sekitar akan merespons  dengan kebaikan pula. terlepas kita tidak mendapatkan respons  baik meskipun berbuat baik maka saat itulah etika yang sesungguhnya keluar, karena sabar adalah bagian dari etika baik.

    Sejak awal peradaban, manusia selalu termotivasi untuk memperbarui teknologi yang ada. Kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak yang cukup signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, yang membuat manusia mengubah proses hidupnya dengan berbagai teknologi dan aplikasi ilmu pengetahuan, khususnya dalam pola komunikasi -informasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dorongan kebutuhan manusia yang semakin meningkat untuk menembus batas ruang dan waktu, terbentuklah sebuah media yang mempermudah masyarakat untuk berinteraksi dan menjalin komunikasi jarak jauh, yang disebut dengan dunia maya.
                Dunia maya merupakan ruang fiktif yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti yang di lakukan di dunia nyata. Seperti dunia nyata yang memiliki banyak aturan, diperlukan "etika kehidupan" juga di dunia maya agar pembaca atau orang yang kita ajak berkomunikasi tidak merasa tersinggung dengan ucapan kita atau men-"judge" kita sebagai orang yang tidak memiliki sopan santun. Selain itu, etika diperlukan untuk mendapatkan manfaat internet itu sendiri, yaitu memperoleh edukasi yang bermanfaat bagi orang yang mengaksesnya.

    Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
    • Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa, dan adat istiadat berbeda-beda.
    • Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonim, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
    • Berbagai fasilitas yang diberikan di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis karena ada juga "penghuni" dunia maya yang suka iseng dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
    • Pengguna internet selalu bertambah, yang artinya selalu ada "penghuni" baru yang kurang terbiasa dengan etika yang ada di dunia maya.
    Di bawah ini ada beberapa etika khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis
    •  Jangan Gunakan Huruf Kapital
      Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah, atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan ketika Anda dihadapkan pada lawan bicara yang penuh emosi, bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tetapi yang harus dicatat, gunakan penegasan maksud ini secukupnya saja, jangan di seluruh kalimat/paragraf.
    • Kutip Seperlunya
      Ketika Anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, sebaiknya kutip bagian terpenting atau inti dari hal yang ingin Anda tanggapi saja, buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwidth server yang bersangkutan dan mengakibatkan kecepatan akses ke forum terganggu.
    • Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi 
      Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya di forum umum
    • Hati-Hati Terhadap Informasi/Berita Hoax 
      Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para netter. Maka, sebelum meneruskan informasi, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin Anda kirim itu benar. Jika tidak, Anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya membuat kepercayaan orang-orang di terhadap Anda hilang.
    • Ketika Harus Menyimpang dari Topik (out of topic/OOT)
      Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang di luar topik (OOT), berilah keterangan supaya subjek diskusi tidak rancu.
    • Hindari Menyerang Pribadi Seseorang 
      Saat dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan Anda. Lawanlah argumentasi hanya dengan data/fakta saja, dan sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Namun ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata menyerang sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
    • Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
      Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus konstruktif, bukan destruktif.
    • Dilarang Menghina 
      Dilarang menghina agama, ras, gender, status sosial, dan sebagainya yang berpotensi menimbulkan debat kusir yang mengarah ke situasi yang emosional.
    Cara Bertanya yang Baik
    • Gunakan bahasa yang sopan.
    • Jangan berasumsi Anda berhak mendapat jawaban.
    • Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
    • Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
    • Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab.
    Untuk mengetahui lebih lengkap peraturan-peraturan di dunia maya, Anda dapat mempelajarinya di Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ada sekitar 11 pasal yang mengatur aktivitas yang dilarang di dunia maya, yang memiliki ancaman hukuman setara dengan kejahatan di dunia nyata. Jelas, UU ini merupakan perwujudan dari usaha untuk memberikan konten yang bermutu dan bertanggung jawab di dunia maya.

    Disunting dari: https://ambarazmi.wordpress.com/2012/10/09/etika-penulisan-dalam-dunia-maya-internet-2/

    4 Jul 2015

    Penjelasan kasus elektro dengan flowchart looping, cabang dan subroutine



    Dengan flowchart looping, cabang dan subroutine diatas kita dapat lebih mudah menerjemahkan pembuatan catu daya berdasarkan step-step yang ada bada flowchart diatas. Dengan penjelasan singkat seperti berikut, pertama kita mulai dengan command start terlebih dahulu. Lalu kita merangkai rangkaian sesuai dengan yang ada pada skematik dengan menggunakan software, contoh software proteus yang saya pakai, kemudian buat rangkaian dengan menempatkan komponen-komponennya sesuai skematik.
    Setelah dirancang kita bisa memulai mensimulasi rangkain dengan software tersebut, dan apakah rangkaian telah sesuai dengan keinginan atau tidak, ada dua opsi bila, simulasi sesuai maka akan berlanjut kelangkah berikutnya yaitu Menyesuaikan rangkaian pada schematik dengan yang ada pada software. Jika kondisi tidak terpenuhi maka akan dilakukan penganalisa  pada software tersebut, hingga akhirnya rangkaiannya sesuai.
    Selanjutnya pengecekan output tegangan pada software yang telah kita simulasi sesuai permintaan, apakah telah sesuai atau belum, jika belum maka menganalisa rangkaiannya pada software dan Menyesuaikan rangkaian pada schematik dengan yang ada pada software. Jika kondisi telah terpenuhi maka kita lakukan pada tahapan selanjutnya pada subroutinenya.
    Selanjutnya kita membeli komponen yang dibutuhkan lalu mengecek satu persatu komponen yang telah kita beli dengan multimeter.
    Komponen yang telah kita cek tadi kita rangkai sesuai dengan vcb yang akan kita print out dulu menjadi layout dan sehingga vcb yang siap dipakai setelah di eching.
    Rangkaian pun akan terlihat garis-garis hitam di papan vcb, maka selanjutnya adalah melakukan penaburan feriklorit pada papan vcb tersebut dengan ditambah air spirtus. Maka rangkaian pun akan terlihat sebagai jalur arus listrik yang mengalir seperti layaknya tembaga.
    vcb pun telah siap untuk disisipkan komponen-komponen, pertama dilakukan pengeboran pada papan, agar rangkaian terlubangi dan bisa dipakai untuk menaruh komponen. Dan tak lupa dipasang jumper berupa tulang ikan dan black housing sebagai jalur jumper ke rangkain yang jauh, dan tak lupa komponen disolder dengan baik tanpa ada yang meluber ke rangkaian lain. Agar komponen dapat menepel dengan kuat pada papan vcb.
    Dengan papan vcb yang telah siap dan terpasang seluruh komponen, kita memasang papan vcb ke rangka catu daya, atau tutupnya. Memakai kaki-kaki mur dan memasangnya dengan papan vcb. Dengan mengebor rangka terlebih dahulu.
    Selanjutnya kita sambungkan sumber listrik dengan kabel steker ke trafo CT, dengan mencocokan mana keluaran trafo yang akan kita ambil, dengan memakai trafo stepdown kita ambil keluaran yaitu 9 V, 18 V dan 18 V juga kita masukan pada inputan rangakain tadi, dan menjumper output pada rangkaian ke jack output yang ada pada rangka, dengan tersedia fuse yang dijumper pula ke rangakain.
    Terakhir kita bisa mengukur nilai tegangan ouput dengan menggunakan multimeter dan menganalisa apakah sesuai dengan tegangan output yang diminta pada awal deskripsi diatas atau tidak, jika tidak kita bisa melakukan analisa rangkaian, dan melihat rangkaian apakah rangkaian terpasang sempurna atau tidak.
    Proses pembuatan catu daya selesai dibuat sesuai keinginan yang dibutuhkan, dan dapat dipakai sesuai dengan praktikum yang kita lakukan. Dimana diminta tegangan keluaran yaitu 5 V, 12 V, dan 1,25 – 30 V. Itulah proses pembuatan catu daya secara umum dan step-step dalam terjemahannya kedalam flowchart. Yang kita dapatkan sesuai tegangan yang kita inginkan. Cara kerja tersebut telah saya jabarkan diatas, mungkin tidak terlalu detail, karena untuk sisi ke elektro yang ada dalam rangkaian saya tidak bahas lebih dalam, karena aspek yang diangkat adalah step-step umumnya saja.