4 Apr 2013

RENUNGAN

    Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada bebrapa teori. Teori-teori itu ialah : teori pengungkapan, teori metafisik dan psikologik.

(a). TEORI PENGUNGKAPAN
    Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia ). Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni.tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia  Benedeto croce ( 1886-1952) dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris “aesthetic as Science of Expresion and General Linguistic”.

(b). TEORI METAFISIK
    Teori seni yang bercorak metafisis merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari plato yang karya-karya tulisanya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Mengenai sumber seni plato mengemukakan suatu teori peniruan (imitation theory). Dalam jaman modem suatu teori seni lainya yang juga bercorak metafisis dikemukakan oleh filsuf Arthur Schopenhauer (1788-1860). Menurut beliau seni adalah suatu keinginan (will) yang sementara.

(c). TEORI  PSIKOLOGIS
    Teori-teori metafisis dari para filsuf yang bergerak diatas taraf manusiawi dengan konsepsi-konsepsi tentang ide tertinggi atau kehendak semesta umumnya tidak memuaskan, karena terlampau abstrak dan spekulatif. Suatu teori tentang sumber seni ialah teori permainan yang dikembangkan oleh Freedrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1930). Menurut Schiller, asal mulai seni adalah dorongan batin untuk bermain-main (play impluse) yang ada dalam diri seseorng. Seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan.

No comments: