22 Jan 2014

Pencemaran Lingkungan

Diatas adalah cuplikan video yang berisikan gambar-gambar pencemaran lingkungan baik di Darat, Air, maupun Udara. begitu banyak penyebabnya sehingga begitu banyak pula manusia serta mahluk hidup lainnya mengalami dampaknya. padahal yang lebih berperan dalam menjaga serta melestarikan lingkungan adalah manusia bukan yang lain. namun mengapa sebaliknya manusialah yang lebih berperan merusak, mencemari, serta cemooh terhadap lingkungan lebih-lebih lingkungan di tempat tinggalnya. baik membuang sampah sembarangan, penebangan pohon liar, pembuangan limbah pabrik yang tidak teratur dan sebagainya.

Bukankah setiap manusia dikaruniai organ untuk berpikir, mencegah, serta memberi perubahan. begitu banyak edukasi serta penyuluhan-penyuluhan yang diberikan pemerintah. bahkan untuk setingkat 3 SD pun sudah mendapatkan edukasi mengenai lingkungan. lantas apa yang menyebabkan mereka lupa serta melepas pengetahuan yang seharusnya diterapkan di lingkungannya?. apakah harus ada imbalan bagi yang membuang sampah pada tempatnya? menanam pohon hijau? serta melakukan hal positif mengenai lingkungan lainnya?. atau sebaliknya pemerintah memberi sanksi bagi masyarakatnya yang tidak melakukan hal tersebut seperti beberapa negara tetangganya?. sepertinya itu ide yang bagus namun siapa yang harus memulainya? kita butuh sosok pemimpin yang cerdas,tegas dan siap menanggung resiko.

Pada intinya kita dipaksa untuk sadar atas bencana yang menimpa negara kita terutama banjir. masyarakat indonesia seakan tidak kapok mengalami kebanjiran tiap tahunnya dengan tetap membuang sampah sembarangan, penebangan pohon liar, dan lainnya.

mulai sekarang mari lakukan langkah kecil namun berdampak positif kedepannya. siapapun berperan dalam hal tersebut selagi otak dan hati masih menepel.

No comments: